Selasa, 22 November 2011

Perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi sehari-hari

Konsumen adalah orang atau kelompok yang membutuhkan, menggunakan segala sesuatu yang berhubungan denga barang dan jasa dalam sehari-harinya.
Biasanya perilaku konsumen konsumen sebagai seorang yang mengkonsumsi barang atau jasa maka konsumsi seseorang itu tergantung pada pendapatan , pendidikan kebiasaan dan kebutuhan. Menurut para ahli pengertian perilaku konsumen adalah tingkha laku dari konsumen dimana mereka mengilustrasikan sebagai pembeli.
factor produksi dan factor dalam proses produksi dapat dituliskan sebagai berikut:
Q = F ( P)
Keterangan :
Q = jumlah produk yang dihasilkan
F = fungsi
P = factor produksi yang masuk dalam proses
Di dalam perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi ada yang disebut elastisitas, elastisitas yang dimaksud yaitu derajat kepekaan suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi lain atau dapat diartikan juga sebagai tingkat kepekaan perubahan kuantitas suatu barang yang disebabkan oleh adanya perubahan faktor-faktor lain.
Didalam elastisitas ada 3 macam elastisitas diantaranya:
1. Elastisitas Harga (Price Elasticity), membahas perbandingan/ratio persentase perubahan kuantitas suatu barang yang diminta atau yang ditawarkan dengan persentase perubahan harga barang itu sendiri.
2. Elastisitas Silang (Cross Elasticity), membahas perbandingan/ratio persentase perubahan kuantitas suatu barang (barang X) yang diminta atau yang ditawarkan dengan persentase perubahan harga barang lain (barang Y).
3. Elastisitas Pendapatan/Income, membahas perbandingan/ratio persentase perubahan kuantitas suatu barang yang diminta atau yang ditawarkan dengan persentase perubahan income/pendapatan.

Didalam ekonomi ada juga yang disebut ekonomi mikro, yang dimaksud ekonomi mikro yaitu kelompok yang melakukan serangkaian kegiatan konsumsi barang atau jasa.
Perilakui konsumen adalah suatu perwujudan atau serangkaian aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam suatu perdagangan atau yang membutuhkan barang atau jasa dalam transaksi perdagangan tersebut.
Didalam perilaku konsumen ekonomi ini pasti ada kekurangan, sebab akibat, dan factor-faktornya yang terjadi.
Factor-faktor yang terjadi dalam perilaku konsumen ekonomi yaitu diantaranya: kekuatan social budaya terdiri dari factor budaya, tingkat social , kelompok anutan(small referebce grups) dan keluarga.
Menurut para ahli ada 3 macam pengertian perilaku konsumen, diantaranya sebagai berikut:
1. James F Engle
Perilaku konsumen dapat didefinisikan tindakan-tindakan individu secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh menggunakan barang-barang jasa dalam ekonomi.
2. David L Loudon
Perilaku konsumen dapat didefinisikan pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik dilibatkan dalam mengevaluasikan memperoleh menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang jasa.
3. Gerald Zaltman
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan proses dan hubungan social yang dilakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai satu akibat pengalaman dengan produk pelayanan dan sumber-sumber lainnya.

Aliaran produksi meningkatnya jumlah factor-faktor produksi dan hasil penjualan output ada 2 hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatnya factor produksi :
1. Produksi jangka pendek, yaitu bila sebagian factor jumlahnya tetap dan yang lainnya berubah (misalnya modal tetap, sedangkan tenaga kerja berubah)
2. Produksi jangka panjang, semua factor produksi dapat berubah dan ditambah sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Least coast combination
Persoalan least cost combination adalah menentukan kombinasi input mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.
Dalam hal ini pengusaha masih dapat menghemat biaya untuk menghasilkan produk tertentu selama nilai input yang digantikan atau disubstitusi masih lebih besar dari nilai input yang menggantikan atau yang mensubstitusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar