Rabu, 09 November 2011

Sumber Daya Konsumen dan pengetahuan daya

Menurut ilmu ekonomi, kelangkaan mempunyai dua makna, yaitu:
a) Terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia.
b) Terbatas, dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnya.
Sumber daya alam
Ada dua jenis sumber daya alam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam dapat diperbarui tidak akan habis selama masih bisa dikembangbiakkan. Contohnya tumbuhan dan hewan. Sementara itu, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui terbentuk melalui proses alam selama jutaan tahun sehingga tidak dapat diperbarui oleh manusia. Contohnya bahan tambang dan minyak bumi.

Semua kekayaan alam yang tersedia tersebut harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik sehingga memberi manfaat besar bagi kemakmuran rakyat. Misalnya tanah dapat dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan, lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perumahan. Cadangan mineral seperti emas dan besi digunakan sebagai bahan baku industri. Batu bara dan minyak bumi dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar.

Oleh karena sebagian sumber daya alam sifatnya tidak dapat diperbarui, harus dimanfaatkan secara hemat dan efisien. Jika tidak, bukan tidak mungkin akan terkuras dan akhirnya habis. Kelak, generasi selanjutnya tidak lagi bisa menikmati kekayaan alam tersebut.

Sumber daya modal
Sumber daya modal atau kapital memberi kontribusi bagi kegiatan produksi maupun pendukung sarana sosial dan ekonomi. Uang, mesin, peralatan industri, gedung, kendaraan, jalan raya, dan jembatan merupakan contoh modal. Modal ini digunakan untuk meningkatkan produksi dan pembangunan ekonomi.

Pengalokasian dan pemanfaatan sumber daya modal tersebut harus dilakukan secara merata dan efisien. Selain itu, sumber daya modal juga harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Salah satu caranya dengan merawat agar tahan lama.

Sumber daya manusia
Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam proses produksi dan pembangunan. Hal tersebut karena manusia itu sendiri adalah pelaksana utama dalam seluruh proses pembangunan maupun produksi. Dalam proses produksi ada dua unsur dari sumber daya manusia, yaitu tenaga kerja dan kewirausahaan.

Sumber daya manusia memanfaatkan kekuatan fisik, keahlian, dan kepribadian manusia. Kekuatan fisik manusia tercermin dari kesehatan dan kemampuan fisiknya. Manusia yang sehat dan kuat tentu dapat bekerja dan belajar dengan baik. Selain fisik yang sehat dan kuat, keahlian yang dimiliki seseorang juga menentukan kualitas sumber daya manusia. Sementara itu, kepribadian ditentukan oleh sikap jujur dan keadilan seseorang.

Ekonomi sumber daya alam dan lingkungan masih tergolong ilmu baru, namun dengan semakin berkembangnya kompleksitas pembangunan ekonomi, semakin disadari bahwa tidak cukup hanya mengandalkan pendekatan ekonomi konvensional. Kegagalan-kegagalan pembangunan ekonomi di negara berkembang justru menimbulkan masalah, yaitu pertumbuhan ekonomi justru lambat di daerah yang kaya sumber daya alam. Selain itu juga terjadi degradasi sumber daya alam dan lingkungan, yang cara penanggulangannya tidak dapat didekati dengan kebijakan ekonomi umum.
Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan
Sekarang coba kalian amati, mengapa kebutuhan masing orang berbeda-beda?
Banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan antara lain: Keadaan Alam perbedaan ini mempengaruhi kebutuhan individunya seperti masyarakat yang tinggal didaerah kutub atau daerah yang cenderung dingin sangat membutuhkan sekali mantel/jaket/kayu bakar dll dan ini berbeda dengan mereka yang tinggal didaerah panas.
Tingkat Peradaban semakin tinggi peradaban manusia semakin tinggi pula pola hidupnya, coba kita amati kehidupan masyarakat primitif dan masyarakat modern.
Adat Istiadat dan tradisi masyarakat berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakatnya, missal tradisi upacara perkawinan, tradisi mudik lebaran dll yang semua ini menyebabkan beraneka ragamnya kebutuhan.
Pendapatan merupakan faktor yang mendasar untuk mempengaruhi kehidupan seseorang dimana semakin tinggi pendapatan akan semakin banyak pula kebutuhan. Kebijakan pemerintah dll.
Biaya peluang akan muncul dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi pada saat dihadapakan pada beberapa pilihan kebutuhan, misalnya Si A mempunyai uang Rp 25.000,00 ingin membeli tas dan sepatu, dengan keterbatasan modal yang A punyai maka A harus mengorbankan satu pilihan untuk dia tentukan. Dengan demikian biaya peluang 1 buah tas sama dengan satu buah sepatu. Begitu juga dengan seorang produsen, saat terjadi kelangkaan sumber daya agar dapat melakukan produksi maka harus dapat menentukan produksi apa yang tepat untuk diproduksi. Dari pilihan tersebut maka ada yang dikorbankan untuk tidak diproduksi, inilah yang menyebabkan timbulnya biaya peluang bagi produsen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar